Alasan Mengapa Klaim Asuransi Perjalanan Anda Ditolak

11 Dec 2014

Asuransi Perjalanan

Asuransi Perjalanan

Tujuan utama seseorang menggunakan asuransi perjalanan adalah untuk melindungi dirinya dari beberapa resiko selama dalam perjalanan, sampai anda pulang kembali ke rumah. Jadi pada intinya adalah memeberikan kenyamanan dan kemanan pada dirinya. Tapi, bagaimana jika resiko terjadi dan klaim asuransi perjalanan anda ditolak? Apakah penyebabnya? Dibawah ini adalah faktor ditolaknya asuransi perjalanan anda :

1. Menunda Untuk Melaporkan Masalah
Bila terjadi resiko segera laporkan kepada perusahaan jasa asuransi yang anda gunakan, perusahaan asuransi selalu siap mengatasi segala permasalahan yang dialami para pelanggannya. Dengan syarat si pelanggan tersebut harus langsung menghubungi perusahaan asuransi terkait bila terjadi resiko. Jangan menunda untuk melaporkannya, karena hal ini adalah langkah awal yang penting untuk mendapatkan klaim asuransi anda. Khusus bagi jasa asuransi perjalanan biasanya ada batas waktu pelaporan, jadi jika anda terlalu lama melaporkannya dan melebihi batas waktu maka klaim anda bisa ditolak. Apabila anda terperangkap dalam situasi yang sulit segera hubungi perusahaan asuransi dan jelaskan situasi yang terjadi. Jadi mulai sekarang pilih asuransi perjalanan anda di cekpremi.

2. Musibah di Luar Proteksi
Sebelumnya anda cermati dulu isi polis perjalanan milik anda, resiko apa saja yang dicover asuransi tersebut. Kadang-kadang ada beberapa resiko yang tidak dicover, seperti resiko yang sengaja dilakukan. Misalnya cedera atau kematian yang muncul akibat usaha bunuh diri. Ataupun resiko keguguran pada saat melakukan perjalanan.

3. Kurang Dokumen Pendukung
Kelengkapan dokumen pendukung sangat penting untuk menunjang klaim asuransi perjalanan. Ini adalah persyaratan mutlak untuk menghindari terjadinya kecurangan pada saat mengajukan klaim. Contohnya, anda mau melakukan pembatalan perjalanan karena alasan kesehatan dan mengajukan klaim maka harus disertakan dengan surat keterangan dokter, atau rumah sakit. Di dalam isi surat keterangan dokter tersebut juga harus disertai dengan pernyataan dari dokter yang bersangkutan bahwa anda tidak mampu untuk melakukan perjalanan. Bawalah dokumen asli dengan formulir pengajuan klaim asuransi, simpan fotocopynya.

4. Alasan TIdak Logis/Masuk Akal
Bukan bermaksud untuk mencurigai keluhan para nasabahnya. Perusahaan asuransi kadang-kadang dijadikan ladang uang dengan cara pengajuan klaim yang sangat tidak masuk akal. Untuk itu para nasabah harus membeberkan alasan yang logis ketika melakukan pengajuan klaim asuransinya, buat menghindari pemanfaatan perusahaan asuransi dan demi keuntungan sepihak. Jadi berikan penjelasan dengan alasan yang logis dan jelas. Pengajuan klaim dengan persoalan sepele biasanya tidak akan dilayani.

5. Pembelian Polis Yang Datang Terlambat
Setelah anda membeli tiket perjalanan,usahakan langsung membeli polis asuransi perjalanan. Karena perusahaan asuransi hanya akan melindungi kebutuhan di masa mendatang. Usahakan anda sudah mempunyai polis asuransi perjalanan sebelum anda melakukan perjalanan untuk liburan bersama keluarga. Pembelian polis yang terlambat akan mengakibatkan ditolaknya klaim asuransi anda.


TAGS Asuransi Travel Wisata


-

Author

Search

Recent Post